Rabu, 27 November 2013

Khalifah Abu Bakar Assiddiq

KHALIFAH ABU BAKAR AS SIDDIQ

1.       Abu Bakar lahir pada tahun 573 M (dua tahun setelah kelahiran Nabi Muhammad saw.).
2.       Nama kecilnya ABDUL KA’BAH. Setelah masuk Islam diganti oleh Nabi dengan nama ABDULLAH.
3.       Ayahnya bernama USMAN bin Amr bin Sa’id bin Taim, At Taimiy.
4.       Ayah Abu Bakar lebih dikenal dengan gelar ABU KUHAFAH.
5.       Ibunya bernama UMU KHAIR SALMA binti Sakhr,At Taimiy.
6.       Abdullah mendapat gelar Abu Bakar, karena ia adalah orang yang paling cepat masuk Islam.
7.       Sebelum masuk Islam Abu Bakar adalah sahabat karib Nabi Muhammad sejak kecil.
8.       Abu Bakar juga mendapat gelar As Siddiq, karena ia selalu membenarkan Nabi Muhammad dalam berbagai peristiwa, erutama israk dan mikraj.
9.       Sifat-sifat Abu Bakar sejak kecil; sebagai anak yang baik, sabar, jujur, dapat dipercaya dan lemah lembut.
10.   Pekerjaan Abu Bakar adalah berdagang (saudagar).
11.   Abu Bakar ahli ilmu nasab, yaitu; ilmu tentang silsilah keturunan dan mengetahui tinggi rendahnya derajat suku-suku bangsa Arab.
12.   Setelah masuk Islam Abu Bakar mendermakan hartanya untuk kepentingan sabilillah.
13.   Ia bertelah berhasil mengajak masuk Islam sahabatnya, yaitu; Usman bin Afan, Abdurrohman bin Auf dan Zubair bin Awwam. Mereka termasuk Assabiqunal awwalun (orang yang mula-mula masuk Islam)
14.   Abu Bakar adalah salah satu mertua Nabi Muhammad, karena salah satu putrinya yaitu; Aisyah menjdi istri Nabi.
15.   Dalam perjuangannya Abu Bakar selalu membela Nabi Muhammad.
16.   Ia menemani Nabi berhijrah ke Madinah dan bersembunyi di Gua Tsur.
17.   Ia selalu ditunjuk menggantikan Nabi ketika beliau berhalangan, seperti menjadi imam salat ketika Nabi sedang sakit.
18.   Budak yang masuk Islam dan dianiaya oleh tuannya dibebaskan oleh Abu Bakar, seperti Hilal bin Rabah.
19.   Abu Bakar diangkat sebagai khalifah pada tahun 632 M/11 H setelah melalui musyawarah antara kaum Anshar dan Muhajirin di saqifah (balai pertemuan) Bani Sa’adah.
20.   Isi pidato Abu Bakar yang terkenal sebagai sumpah jabatan dan pelantikan setelah terpilih menjadi khalifah. “saya bersumpah kepada Allah…, saya tidak mendambakan keamiran.… Tatatilah saya selama saya taat kepada Allah dan RasulNya, apabila saya mengingkari Allah da RasulNya, jangan ikuti saya. …”
21.   Perjuangan Abu Bakar :
a.       Melaksanakan keinginan Nabi untuk memerangi kerajaan Gassan. Abu Bakar mengirim Usamah bin Zaid dan memperoleh kemenangan yang gemilang.
b.      Memerangi orang-orang murtad (perang riddah) :
1)      Aswad al Ansi (pemimpin suku Badui di Yaman). Ia telah menguasai Najran dan San’a. Abu Bakar mengirim Zubair bin Awwam dan berhasil menguasai Yaman. Aswad al Ansi dibunuh oleh Gubernur Yaman sebelum pasukan Zubair tiba.
2)      Tulaihah bin Khuwailid al Asadi.  Ia mengaku nabi. Pengikutnya dari ban Asad, Gatafan dan Amir. Abu Bakar menirim Khalid bin Walid dan berhasil mengalahkanmereka. Perang ini disebut perang Buzakhah (karena terjadi di dekat sumur Buzakhah).
3)      Malik Bin Nuwairah (pemimpin Bani Yarbu’ dan bani Tamim). Sepeninggal Nabi mereka tidak mengakui Islam. Abu Bakar  mengirim Khalid Bin Walid. Malik Bin Nuwairah terbunuh.
4)      Musailamah al Kazab (mengaku sebagai nabi. Istrinya, Sajah (kristen) juga mengaku nabi. Mereka berkekuatan 40.000 orang. Abu Bakar mengirim Ikrimah Bin Abu Jahal dan Syurahbil Bin Hasanah. Pasukan Islam terdesak, maka Abu Bakar mengirim Khalid Bin Walid. Musailamah kalah dan lebih dari 10.000 orang murtad terbunuh. Perang ini disebut perang Yamamah.
c.       Perluasan wilayah.
Ada kekaisaran besar pada masa Abu Bakar, yaitu kekaisaran Persia (rajanya bernama Yazdajird) dan Romawi Timur (rajanya bernama Heraklius).
1)      Menghadapi Persia. Wilayah Persia meliputi Irak, bagian barat Suriah (Syam) dan bagian utara Jazirah Arab. Abu Bakar mengirim Khalid Bin Walid dan Musanna Bin Harisah. Pasukan Islam mampu menguasai Hirah, Anbar, Daumatul Jandal dan Fars.
2)      Menghadapi Bizantium (Romawi Timur). Damaskus (Suriah) menjadi pusat pemerintahan Bizantium di wilayah Arab. Abu Bakar mengirim Yazid Bin Abi Sufyan ke Damaskus, Amr Bin As ke Palestina, Syurahbil Bin Hasanah ke Yordania dan Abu Ubaidah Bin Jarrah ke Hims. Pasukan Islam 18.000 orang dan pasukan Romawi 240.000 orang. Karena Islam kesulitan, maka Abu Bakar menirim Khalid Bin Walid ke Syam (Suriah). Perang ini disebut perang Yarmuk karena terjadi di pinggir sungai Yarmuk. Peperangan dimenangkan pasukan muslim dan Bizantium runtuh.
22.   Kebijakan Abu Bakar :
a.       Mengumpulkan mushaf Al Qur’an yang msih berserakan, atas usul Umar bin Khattab. Tugas ini diserahkan kepada Zaid bin Sabit (penulis wahyu padamasa Nabi Muhammad).
b.      Mendirikan Baitul Mal untuk meningkatkan kesejahteraan umat, yang dipimpin oleh Abu Ubaidah Bin Jarrah (ia mendapat gelar Aminul Umah).
c.       Mendirikan lembaga peradilan yang dipimpin oleh Umar bin Khattab.
d.      Menetapkan pembagian ghanimah (harta rampasan perang) secara merata kepada semua pihak.
23.   Abu Bakar meninggal pada hari Senin, 23 Agustus 634 M karena sakit, dalam usia 63 tahun dan menjabat sebagai khalifah selama 2 tahun 3 bulan.
24.   Abu Bakar meninggal pada saat tengah terjadinya perang Yarmuk. Maka untuk menghindari perpecahan umat Islam, ketika sakit Abu Bakar menunjuk Umar bin Khattab sebagai penggantinya jika ia meninggal. Hal ni telah dimusyawarahkan dengan para sahabat dan disetujuinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar